Minggu, 17 April 2011

Langkah-langkah Pembuatan Karakter Dalam Komik

Jika kita ingin membuat komik, tentu ada karakternya dong ! Tapi, seperti apa karakter yg akan kita buat nantinya ?? Kali ini kita akan belajar cara pembuatan karakter dalam komik. Oke, mari kita bahasa satu per satu !

Hal-hal yg perlu di ketahui dalam pembuatan karakter adalah :

1. Postur tubuh dan wajah juga rambut dari karakter

2. Sifat dan watak dari karakter

3. Usia (anak-anak, remaja/teen, dewasa)

5. Kegemaran/kebiasaan dari karakter (misal : kemana-mana selalu membawa buku)

6. Pakaian/aksesoris yg di gunakan dari karakter (misal : gelang, kalung dari leluhur, selalu memakai topi)

7. Kemampuan/skill dari karakter (misal : kekuatan membuat klon diri sendiri/sealing technique flower petal escape)

Udah ngerti kan ?? Hah ? Masih belum ? Kurang jelas ??? Oke, kita bahasa dengan rinci satu per satu :

Postur tubuh dan Wajah,

Postur tubuh dan wajah sangatlah penting, karena akan memberikan ciri sebuah karakter entah itu protagonis atau antagonis. Misal, karakter antagonis dengan ciri-ciri dagu agak mengotak, mata dan sorotannya tajam, rambut agak keriting, ekspresi selalu agresif.

Sifat/watak,

Sifat juga menentukan sebuah karakter, ada bermacam-macam sifat seperti : Periang, pemarah, keras kepala, tidak mudah menyerah, pendirian kuat, feminin, malas, dan masih banyak lagi. Biasanya sifat ini juga bisa di hubungkan dengan zodiak dari karakter.

Usia,

Usia dari karakter menentukan juga bentuk dari wajah suatu karakter bahkan menentukan sifat-sifat dari karakter. Biasanya untuk komik remaja (shonen/shoujo) tokoh/karakter utamanya berusia 10-17 tahunan. Untuk komik anak-anak (kodomo) tokoh utamanya berusia 7-10 tahunan (misal : Doraemon Adventure). Untuk komik dewasa, tokoh utamanya berusia 20-40 tahunan.

Kegemaran/kebiasaan,

Kebiasaan/kegemaran contohnya : karena bercita-cita menjadi komikus kemana-mana selalu membawa Sketch Book, suka menggaruk tubuh/rambut, atau melakukan hal-hal yg aneh. Kegemaran/kebiasaan dapat membuat karakter menjadi lebih hidup dan berkepribadian.

Pakaian,

Terkadang kita membuat lebih dari satu karakterdengan ciri-ciri yg sama, namun apabila diberi pakaian atau aksesoris yg berbeda maka dapat di bedakan karakter yg satu dengan yg lainnya. Contoh : Bandu, rok panjang, celana pendek, kacamata, luka tubuh yg berbekas, tatto dan lainnya.

Kemampuan/skill :

Dengan mengetahui Skill maupun kemampuan karakter komik kita, kita pun akan jauh lebih mudah menggmbar bentuk tubuh yg sesuai dari skill dan kemampuan. Contoh : Pandai bertarung Jiu-jitsu, shorinji kempo, taekwondo,, pandai menembak, memasak, berbakat menjadi pelukis dan lain-lain.

sumber: http://komunitasmangakaindonesia.blog.com/2010/08/09/facebook-image-profile/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar